Setiap bisnis, usaha, dari tingkat ukm hingga perusahaan
pasti mengerjakan pemasaran atau marketing. Tujuannya untuk meningkatkan
penjualan, jumlah konsumen dan menghadapi persaingan.
Sebenarnya digital
marketing tak lain ialah teknik marketing mengaplikasikan media digital yang
paling tepat sasaran dan efisien ketika ini.
Sebelum anda melanjutkan untuk membaca manfaat digital
marketing untuk bisnis di bawah ini ada fakta bahwa:
Setiap bisnis selalu ada kemungkinan memiliki saingan, jikalau tak kencang mengaplikasikan teknik marketing terbaik, kencang atau lambat bisnis tersebut akan kesusahan bersaing.
Bisnis yang sukses selalu memberi pelayanan yang terbaik
kepada konsumen, berusaha meningkatkan pemasaran dengan meraih perhatian,
pembelian dan loyalitas.
1. Media
Digital lebih disukai oleh konsumen Masa Sekarang
Faktanya kini konsumen lebih suka memandang-lihat di web atau
Instagram karena lebih praktis.
Sebelum menentukan memilih konsumen dapat kapan saja mengecek
produk di web terpenting dulu kemudian baru membeli, baik datang langsung ke
warung atau shoping online. Pemilik warung yang belum online akan keok dengan
pemilik warung yang juga menyediakan
katalog online di web mereka.
Dengan katalog produk yang ditampilkan di web, berarti sangat
menolong konsumen untuk memandang-lihat produk tanpa seharusnya datang ke warung.
Kalau tertarik mungkin mereka akan datang ke warung pada ketika weekend atau
ketika waktu senggang untuk membeli.
2. Memberikan
kemudahan info pada konsumen
Pada waktu itu kebetulan saya sedang mencari-cari warung
kamera terdekat di lokasi tempat tinggal saya, dan mengecek apakah kamera yang
saya cari ada di warung tersebut.
Cara yang saya pilih ialah searching di dunia online dengan
mencari domisili terdekat, memandang di web dan menentukan ada produk yang
sedang saya inginkan, dan mengecek jam berapa warung buka, kemudian baru
mengatur jadwal untuk datang, memandang dan membeli.
Dari sini menampakkan keberadaan digital sangat bermanfaat
sebagai sumber info
3.
Memberikan waktu pada konsumen
Sangat kerap kali terjadi konsumen belum punya waktu senggang
untuk datang ke outlet, warung, atau butik. Melainkan dengan memiliki media
digital seperti: web, marketplace, dan sosial media, konsumen akan sangat
gampang memandang produk yang dinginkan.
Melengkapi segala media digital agar dapat memberikan banyak
opsi kepada konsumen, dengan apa mereka melirik produk.
Artinya mereka akan sangat leluasa tanpa terbatas waktu dan
tempat untuk memandang-lihat dulu sebalum kesudahannya membeli.
4. Toko seperti
aktif 24 jam setiap hari
Media digital dunia online tak terbatas waktu dan tempat.
Customer dan calon customer selalu dapat mengakses media digital untuk
memandang produk kapan saja mereka berkeinginan.
Mereka dapat kapan saja memandang web warung online, warung
di marketplace atau di Instagram. Melainkan ini tak mungkin pada warung offline
yang jikalau malam hari pasti sudah tutup.
5. Konsumen
Anda tak terbatas dengan jarak
Bayangkan jikalau warung anda ada di Bekasi namun calon
pembeli ada di Pondok Cabe, tentu saja mereka akan berpikir-pikir jikalau
seharusnya ke Bekasi karena mungkin jaraknya terlalu jauh dan macet.
Dengan
adanya media digital meraka dapat order dengan nyaman dari kantor atau
rumahnya.
Apalagi kini lebih gampang dengan banyaknya kurir pengiriman,
sehingga mereka tak terlalu memikirkan jarak.
6. Banyak
opsi media digital
Anda tak perlu cemas untuk mengawali mengaplikasikan, karena
tak seharusnya mengaplikasikan warung online yang hargannya relatif mahal. Anda
dapat mencoba dulu mengaplikasikan marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak,
atau Sosial Media Instagram
Digital tak cukup cuma membikin, hampir segala bisnis
seharusnya memaksimalkan media digital mereka dengan cara yang lazim disebut
“Digital Marketing”
7. Digital
Digital Marketing relatif murah
Seperti yang saya jelaskan di awal pembahasan, bahwa yang
dibutuhkan pengusaha ialah marketing dengan mengaplikasikan media digital.
Digital anda banyak mendapatkan keuntungan dari media digital, keuntungan
selanjutnya ialah tarif marketingnya murah.
Digital marketing sendiri ada SEO, SEM, Sosial Media Ads,
Endorse dan Paid Promote. Selama yang saya tahu tarif iklannya jauh lebih murah
dibandingi beriklan di koran, majalah, pasang banner, atau di tv dan radio.
Comments
Post a Comment