Apa Itu Digital Marketing? Yuk Belajar Ilmu Digital Marketing untuk Bisnis


Hasil gambar untuk digital marketing
Istilah digital marketing telah dikenali publik akhir-akhir ini. Bermacam perusahaan berlomba-laga mencari kandidat pekerja digital marketer untuk menunjang bisnisnya. Jasa digital marketing juga mulai banyak ditawarkan oleh agensi-agensi independen.
Di era serba digital ini, pemasaran via media digital memang amat penting. 

Penumpang taksi di jalan misalnya, kini telah tak menasihati perhatiannya ke papan-papan iklan di pinggir jalan lagi. Mereka cenderung fokus memakai hand phone pintarnya untuk mengakses pelbagai informasi yang tersedia di internet. Pemasaran tradisional telah tak lagi tepat sasaran bagi pasar yang sebagian besarnya telah beralih ke teknologi komunikasi terkini.

Jadi, mari ketahui apa hakekatnya pengertian digital marketing, bagaimana cara kerjanya dan apa saja yang dapat Anda lakukan via taktik pemasaran satu ini. Anda para pengembang bisnis atau calon digital marketer, sepatutnya tahu soal jenis pemasaran terkini ini supaya branding dan selling Anda meningkat.

Apa itu Digital Marketing?


Digital marketing ialah pemasaran produk maupun jasa yang dilaksanakan dengan media digital. Tujuan dari pemasaran ini ialah untuk menjangkau sebanyak-banyaknya sasaran customer secara efisien, personal dan relevan. Pemasaran digital ini memadukan teknik serta pengetahuan dalam psikologi pasar dan teknologi. Tak seperti pemasaran tradisional yang memasang iklan via baliho, pemasaran digital ini memakai pelbagai platform digital sebagai media pemasarannya.

Berikutnya, apabila Anda mau belajar digital marketing. Anda perlu mengenal terutamanya dulu taktik maupun cara apa saja yang termasuk kedalam praktik digital marketing. Mari ketahui apa saja kategorinya!

Klasifikasi Digital Marketing

Pada dasarnya ada 5 golongan yang termasuk ke dalam digital marketing. Berikut ialah masing-masing kategorinya beserta penjelasannya!

SEO

SEO ialah singkatan dari Search Engine Optimization. SEO itu sendiri ialah usaha optimasi website supaya mendapat peringkat bagus dari mesin telusur semacam Google. Tujuannya tentunya memungkinkan website Anda untuk lebih gampang ditemukan oleh pengguna internet yang sedang mengakses mesin telusur.

SEO terbagi menjadi dua ialah On Page SEO dan Off Page SEO.
Pengembangan website memang amat krusial mengingat website ialah representasi utama dari bisnis Anda. Anda dapat juga mempelajari bagaimana cara menganalisa website Anda dengan Google Analytics.

SEM

SEM ialah singkatan dari Search Engine Marketing. SEM ialah cara meningkatkan visibilitas website pada halaman hasil pencarian mesin telusur semacam Google (SERP). Dengan tujuan yang sama, Anda mungkin masih kebingungan apa bedanya SEO dan SEM. Kami telah pernah menjelaskannya pada artikel sebelumnya.

Content Marketing

Content marketing ialah cara pemasaran yang difokuskan ke pembuatan dan pendistribusian konten. Konten yang seperti apa? Konten yang sifatnya relevan dan konsisten supaya dapat menarik dan mempertahankan audiens. 

Audiens yang seperti apa? Audiens yang dimaksud ialah yang telah ditentukan dengan jelas sebagai sasaran pasar Anda. Tujuannya? Sama seperti pemasaran secara keseluruhan itu sendiri, ialah untuk menunjang perbuatan pelanggan sehingga dapat menciptakan keuntungan.

Apa saja sih model pengaplikasian content marketing? Ada amat banyak hakekatnya, termasuk pesan e-mail ke pelanggan. Intinya segala media butuh konten atau isi pesan yang dapat meningkatkan ketertarikan pasar sampai mereka mau bertransaksi malah loyal terhadap produsen. Khalayak dapat begitu sebab merasa bagian dari brand yang mereka banggakan. Jadi, content marketing amat penting.

SMM

SMM ialah singkatan dari Social Media Marketing. Kami telah membuat tutorial lengkapnya bagi Anda.

Email Marketing

Email marketing ialah pemasaran yang dilaksanakan dengan e-mail sebagai medianya. Kami juga telah membuat sebuah tutorial lengkapnya bagi Anda.

PPC

ialah singkatan dari Pay Per Click. PPC ini ialah salah satu cara beriklan di internet yang paling populer, dimana pengiklan (advertiser) hanya membayar apabila ada yang klik iklannya. Kecuali PPC, ada juga hakekatnya cara PPM (Pay Per Impression), ialah bayar per kemunculan (lazimnya per 1,000 kali kemunculan).

Dengan mengenal jenis-jenisnya, Anda jadi menyadari bahwa Anda dapat gunakan pelbagai cara untuk memasarkan brand Anda sebagai bentuk taktik digital marketing. Anda juga tentunya perlu mengenal popularitas-popularitas terkini pemasaran digital. Kenapa? Sebab ilmu pemasaran hakekatnya berkembang dan beradaptasi terus seiring dengan perubahan perilaku pasar.

Bagaimana? Apakah Anda telah siap menjadi digital marketer handal dan meningkatkan penjualan Anda? Silakan tinggalkan pesan Anda di kolom komentar kami.

Kesimpulan
Artikel tutorial digital marketing bagi pemula ini ialah bentuk janji kami sebagai provider hosting murah dan vps profesional yang telah bersertifikat kualitas internasional . Web ini memiliki misi untuk menolong Anda sukses secara online. 

Baca juga pelbagai artikel menarik lainnya soal popularitas pengembangan bisnis dan pengembangan website, pada blog kami. Selamat memaksimalkan diri Anda, semoga sukses ya!

Comments