Istilah digital marketing telah dikenali publik akhir-akhir
ini. Bermacam perusahaan berlomba-laga mencari kandidat pekerja digital
marketer untuk menunjang bisnisnya. Jasa digital marketing juga mulai banyak
ditawarkan oleh agensi-agensi independen.
Di era serba digital ini, pemasaran via media digital memang
amat penting.
Penumpang taksi di jalan misalnya, kini telah tak menasihati
perhatiannya ke papan-papan iklan di pinggir jalan lagi. Mereka cenderung fokus
memakai hand phone pintarnya untuk mengakses pelbagai informasi yang tersedia
di internet. Pemasaran tradisional telah tak lagi tepat sasaran bagi pasar yang
sebagian besarnya telah beralih ke teknologi komunikasi terkini.
Jadi, mari ketahui apa hakekatnya pengertian digital
marketing, bagaimana cara kerjanya dan apa saja yang dapat Anda lakukan via
taktik pemasaran satu ini. Anda para pengembang bisnis atau calon digital
marketer, sepatutnya tahu soal jenis pemasaran terkini ini supaya branding dan
selling Anda meningkat.
Apa itu Digital Marketing?
Digital marketing ialah pemasaran produk maupun jasa yang
dilaksanakan dengan media digital. Tujuan dari pemasaran ini ialah untuk
menjangkau sebanyak-banyaknya sasaran customer secara efisien, personal dan
relevan. Pemasaran digital ini memadukan teknik serta pengetahuan dalam
psikologi pasar dan teknologi. Tak seperti pemasaran tradisional yang memasang
iklan via baliho, pemasaran digital ini memakai pelbagai platform digital
sebagai media pemasarannya.
Berikutnya, apabila Anda mau belajar digital marketing. Anda
perlu mengenal terutamanya dulu taktik maupun cara apa saja yang termasuk
kedalam praktik digital marketing. Mari ketahui apa saja kategorinya!
Klasifikasi Digital Marketing
Pada dasarnya ada 5 golongan yang termasuk ke dalam digital
marketing. Berikut ialah masing-masing kategorinya beserta penjelasannya!
SEO
SEO ialah singkatan dari Search Engine Optimization. SEO itu
sendiri ialah usaha optimasi website supaya mendapat peringkat bagus dari mesin
telusur semacam Google. Tujuannya tentunya memungkinkan website Anda untuk
lebih gampang ditemukan oleh pengguna internet yang sedang mengakses mesin
telusur.
SEO terbagi menjadi dua ialah On Page SEO dan Off Page SEO.
Pengembangan website memang amat krusial mengingat website
ialah representasi utama dari bisnis Anda. Anda dapat juga mempelajari
bagaimana cara menganalisa website Anda dengan Google Analytics.
SEM
SEM ialah singkatan dari Search Engine Marketing. SEM ialah
cara meningkatkan visibilitas website pada halaman hasil pencarian mesin
telusur semacam Google (SERP). Dengan tujuan yang sama, Anda mungkin masih
kebingungan apa bedanya SEO dan SEM. Kami telah pernah menjelaskannya pada
artikel sebelumnya.
Content Marketing
Content marketing ialah cara pemasaran yang difokuskan ke
pembuatan dan pendistribusian konten. Konten yang seperti apa? Konten yang
sifatnya relevan dan konsisten supaya dapat menarik dan mempertahankan audiens.
Audiens yang seperti apa? Audiens yang dimaksud ialah yang telah ditentukan
dengan jelas sebagai sasaran pasar Anda. Tujuannya? Sama seperti pemasaran
secara keseluruhan itu sendiri, ialah untuk menunjang perbuatan pelanggan
sehingga dapat menciptakan keuntungan.
Apa saja sih model pengaplikasian content marketing? Ada amat
banyak hakekatnya, termasuk pesan e-mail ke pelanggan. Intinya segala media
butuh konten atau isi pesan yang dapat meningkatkan ketertarikan pasar sampai
mereka mau bertransaksi malah loyal terhadap produsen. Khalayak dapat begitu
sebab merasa bagian dari brand yang mereka banggakan. Jadi, content marketing
amat penting.
SMM
SMM ialah singkatan dari Social Media Marketing. Kami telah
membuat tutorial lengkapnya bagi Anda.
Email Marketing
Email marketing ialah pemasaran yang dilaksanakan dengan
e-mail sebagai medianya. Kami juga telah membuat sebuah tutorial lengkapnya
bagi Anda.
PPC
ialah singkatan dari Pay Per Click. PPC ini ialah salah
satu cara beriklan di internet yang paling populer, dimana pengiklan
(advertiser) hanya membayar apabila ada yang klik iklannya. Kecuali PPC, ada
juga hakekatnya cara PPM (Pay Per Impression), ialah bayar per kemunculan
(lazimnya per 1,000 kali kemunculan).
Dengan mengenal jenis-jenisnya, Anda jadi menyadari bahwa
Anda dapat gunakan pelbagai cara untuk memasarkan brand Anda sebagai bentuk
taktik digital marketing. Anda juga tentunya perlu mengenal popularitas-popularitas
terkini pemasaran digital. Kenapa? Sebab ilmu pemasaran hakekatnya berkembang
dan beradaptasi terus seiring dengan perubahan perilaku pasar.
Bagaimana? Apakah Anda telah siap menjadi digital marketer
handal dan meningkatkan penjualan Anda? Silakan tinggalkan pesan Anda di kolom
komentar kami.
Kesimpulan
Artikel tutorial digital marketing bagi pemula ini ialah
bentuk janji kami sebagai provider hosting murah dan vps profesional yang telah
bersertifikat kualitas internasional . Web ini memiliki misi untuk menolong
Anda sukses secara online.
Baca juga pelbagai artikel menarik lainnya soal
popularitas pengembangan bisnis dan pengembangan website, pada blog kami.
Selamat memaksimalkan diri Anda, semoga sukses ya!
Comments
Post a Comment