Tips Digital Marketing untuk UKM


Sebagai seorang pengusaha (UKM), Anda pasti sudah mengerti bahwa diperlukan website yang bagus untuk menarik lebih banyak pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan konsisten. Sebab kian banyaknya konsumen yang mencari dan membeli keperluan mereka melewati jaringan dunia maya atau belanja online, maka penting bagi Anda untuk terjun ke dalam pemasaran digital.



Untuk menolong Anda mengerjakan dan meningkatkan usaha Anda secara digital, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan :

1. Beriklan di Media Sosial dan Mesin Pencari
Saat beriklan di media sosial seperti Facebook atau Instagram, pastikan rancangan iklan Anda dengan sebaik mungkin. Anda semestinya memiliki target pelanggan sesuai dengan kota atau kelompok sosial dimana lokasi usaha Anda berada selain dari website. Pasalnya mereka adalah orang-orang yang paling relevan dan penting bagi usaha Anda.

Anda semestinya mengaplikasikan kata kunci yang relevan termasuk alamat fisik usaha Anda. Periksa dan pelajari hasil iklan untuk memandang kata kunci mana yang dapat meningkatkan usaha Anda.

Salah satu media sosial yang diukur memiliki poin bagus untuk pemasaran digital adalah Facebook. Pasalnya, semenjak dinobatkan sebagai media sosial paling populer, algoritma Facebook menarik lebih banyak pelanggan yang Anda butuhkan dalam beriklan.

Biaya pemasangan iklan pada Facebook dapat dibilang cukup terjangkau. Kecuali itu Facebook juga menawarkan tanda untuk menolong Anda dalam membuat iklan yang tepat sasaran dengan tujuan menjangkau pelanggan Anda.

Ditambah lagi, terdapat alat analitik  yang dikasih secara gratis oleh Facebook untuk melacak hasil iklan yang Anda pasang dan menyempurnakannya untuk menerima hasil yang lebih bagus.

2. Pilih Landing Page yang Relevan
Saat konsumen menemukan iklan Anda dan mengklik, maka Anda ingin supaya mereka ‘dibawa’ ke halaman website Anda untuk menyediakan apa yang mereka cari. Unsur pentingnya adalah Anda semestinya memiliki landing page yang bagus.
3. Pastikan Laman Anda Senantiasa Up To Date
Seumpama saja Anda sudah mengerjakan usaha-usaha yang diperlukan untuk membuat usaha Anda dapat menjangkau target pelanggan. Tetapi, apakah saat mereka mengklik iklan Anda maka mereka akan berminat untuk terus membeli produk/jasa yang Anda tawarkan ?

Anda semestinya menciptakan usaha dan website Anda terus berjalan mencontoh tren yang ada. Posting konten-konten yang relevan dan sesuai dengan ketertarikan pasar secara regular untuk meningkatkan hasil peringkat di mesin pencari.

Kecuali itu, pastikan website Anda memiliki desain responsif dan dapat beroperasi secara optimal pada perangkat mobile sehingga pelanggan dapat secara bebas dapat mengerjakan transaksi mengaplikasikan perangkat apapun.

4. Menghasilkan Backlink
Backlink yang berkualitas tinggi dapat menolong Anda untuk menempati peringkat tinggi pada hasil mesin pencari dan meningkatkan kredibilitas usaha Anda di mata pelanggan.

Sistem untuk menerima backlink dari (umpamanya) bloggers dan orang-orang yang berakibat (influencer) adalah dengan menciptakan infografik yang menarik mengenai usaha Anda. Pakai mesin atau alat pencari seperti Google Trends dan Google AutoComplete untuk memudahkan profesi Anda.

Tulis seluruh poin yang ingin dibahas dalam infografik kemudian sewa profesional untuk mengerjakannya. Sesudah itu, Anda dapat mengirimkannya ke website info, blog dan orang-orang yang berakibat. Apabila mereka menentukan untuk membahas infografik tersebut, maka Anda akan menerima banyak pelanggan maupun pengunjung yang membuka website Anda.

5. Lacak Kemajuan Anda
Analitik keseluruhan upaya pemasaran digital Anda. Cari tahu strategi yang dapat meningkatkan usaha Anda sehingga memberikan pengembalian investasi yang Anda targetkan.

6. Laman Anda Mesti Mobile-Friendly
Sekitar 71% pengguna dunia maya mengakses dari perangkat mobile atau hand phone mereka, dimana para pengguna mengabiskan rata-rata 86 menit dalam sehari mengakses dunia maya melewati perangkat mobil. Google bahkan meluncurkan sebuah algoritma baru untuk memberikan peringkat tinggi terhadap website yang mobile-friendly.

Comments